Palu-Jarrakpossulteng com.Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. H. Rusli Dg. Palabbi SH, MH didampingi Asisten Adm. Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Ir. Bunga Elim Somba, M.Sc, Kadis Pangan Prov. Sulteng Ir. Abdullah Kawulusan serta pejabat terkait lainnya melakukan monitoring persediaan sembilan bahan pokok (Sembako) dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M, Selasa 27 April 2021.

Monitoring persediaan sembako di awali di Pasar Masomba Jl. Tanjung Manimbaya sekitar pukul 08.30 Wita terus ke Distributor Gula PT Sinar Lestrari Jl. I Gusti Ngurah Rai No. 46-60, Distributor Terigu CV Garindo Jl. S. Lariang No. 51, Pasar Manonda Jl. Bayam, Distributor Minyak Goreng PT. Rajawali Nusindo, Jl. Setia Budi No. 42 dan terakhir di Gudang Bulog, Jl. RE Martadinata Tondo.

Di Pasar Masomba Jl. Tanjung Manimbaya dan Pasar Manondo Jl. Bayam, Wakil Gubernur beserta rombongan melakukan dialog langsung dengan para pedagang pasar berkaitan harga, ketersediaan barang, kualitas serta transaksi jual beli.

Sejumlah kebutuhan pokok menjadi perhatian serius Wakil Gubernur misalnya, gula pasir, gula merah, beras, kacang tanah, ayam, cabe hingga sayur mayur.

Sejumlah pedagang mengakui memiliki stok barang yang cukup memadai, demikian pula kualitas dagangan yang bagus, akan tetapi beberapa diantaranya mengeluhkan kurangnya pembeli.

”Mudah-mudahan dekat lebaran sudah banyak pembeli, karena dari tadi pagi baru satu orang yang membeli jualanku,” ujar salah satu pedagang cabe yang biasa di panggil INA.

Sementara itu berdasarkan pengamatan, persediaan stok beras, gula pasir, minyak goreng serta kebutuhan bahan lainnya di distributor dan Bulog cukup memadai. Untuk gula pasir masih tersedia 900 zak, bahkan menurut pemilik distributor yang kerap di panggil ‘Ci’ beberapa zak gula pasir lainnya masih dalam perjalanan menuju gudang.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Dr. H. Rusli Dg. Palabbi SH MH dalam keterangannya mengatakan, monitoring dilakukan dalam rangka memantau persediaan dan harga kebutuhan sembilan bahan pokok pada distributor serta pasar, khususnya dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M.

“Yang pertama kita sudah mengunjungi pasar masomba, memang ada harga yang bervariatif tetapi tidak terlalu signifikan. Yang terpenting kita bisa menjamin stok kebutuhan sampai hari lebaran,” sebut Wakil Gubernur.

Lebih lanjut dikatakannya, dari pemantauan ke beberapa gudang dan distributor dapat dipastikan masih memiliki stok yang cukup, bahkan untuk beras masih surplus hingga tiga bulan kedepan, demikian pula gula pasir yang hampir setiap minggu masuk dari Gorontalo.

“Untuk kebutuhan minyak kelapa, daging sapi, ayam, cabe, tomat dan sebagainya pada prinsipnya tidak ada masalah. Saya berharap kepada masyarakat khususnya umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa sampai hari lebaran tidak perlu ragu dengan ketersediaan sembilan bahan pokok yang ada, saya juga berharap kepada pedagang-pedagang tetaplah mematuhi harga yang normal,” papar Wakil Gubernur.

Turut serta dalam rombangan Wakil Gubernur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ketua Satgas Pangan Polda Sulteng, Kadis pangan Prov. Sulteng, Kasat Pol. PP Prov Sulteng, Kadis Perindag Prov. Sulteng (mewakili) Karo Perekonomian, Tim Administrasi Pimpinan serta pejabat terkait lain.

Sumber : Jarrakpos Official
Laporan : mardison
Editor : kurnia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here