BUOL, jarrakpossulteng.com – Desa Butukan merupakan sebuah desa yang ada di Kecamatan Bokat Kabupaten Buol Sulawesi Tengah, Desa tersebut dari Jalan Trans Sulawesi Desa Bokat masuk sekitar kurang lebih 2 Km, dengan jumlah penduduk 572 jiwa dengan rata-rata pekerjaanya kurang lebih 90 persen sebagai petani.

Dengan melihat kondisi saat ini, pekerjaan masyarakat desa Butukan sebagian sebagai petani, maka dengan kondisi jalan yang rusak berat dinilai oleh warga bisa menghambat produksi dan hasil petani yang ada di Desa Butukan.

Seorang warga Hasan (51) mengeluhkan dengan kondisi jalan yang sudah rusak parah, dia mengatakan Desa Butukan adalah Desa yang sangat strategis dengan jumlah produksi pertanian yang sangat tinggi diatas rata-rata 60 % petani jagung dan 30 % petani padi sawa.

Foto: Jalan Desa Butukan rusak total, warga minta perhatian Pemerintah. (Doc. Jarrak Pos Sulteng)

Lanjut dia apabila jalan poros atau jalan utama Desa Butukan kondisinya rusak para seperti sekarang ini, sudah dipastikan produksi petani pun akan menurun.

Selain itu kata Hasan keunggulan Desa Butukan dari segi pertanian adalah diapit dan terhubung beberapa Desa tetangga adalah Desa Bokat, Desa Kodolagon, Desa Potangoan serta Desa Bungkudu, sehingga tidak bisa dipungkiri akses jalan harus diperbaiki karena para petani dibeberapa desa tersebut melalui jalan poros Desa Butukan bahkan merupakan jalan potong karyawan PT. HIP, Pungkasnya.

Baca Juga :  Wakili Gubernur Sulteng, Dr. Rohani Mastura Lantik Ikatan Pemuda IPPMST Malang

Harapanya, bahwa warga serta masyarakat umunya juga petani jagung yang setiap hari melewati jalan tersebut, agar pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Buol dr. Amerudin Rauf.

Di akhir masa jabatanya meninggalkan sebuah kenangan indah yang nyata dan dinikmati masyarakat. Sama halnya dengan anggota DPRD Kab. Buol agar bisa memperhatikan dan memprioritaskan perbaikan jalan utama Desa Butukan. Kondisi ini pun dikeluhkan warga yang juga sebagai seorang petani padi sawah, jadi jangan hanya pada saat momen Pilkada atau Pemilihan Legislatif.

kalian datang membawa visi misi dan janji belaka demi merauk suara serta simpati untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati serta DPRD setelah kalian sdh dapat kekuasaan, kalian lupa visi misi dan janji kalian, pungkasnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Desa Butukan Jufri A. Asih sangat menyesalkan Desa nya sejak di mekarkan hingga sekarang jalan utama dalam Desa belum juga diperbaiki. Padahal kata Kepada Desa setiap tahun dimasukkan pada musrembang Desa hingga Kabupaten sebagai skala prioritas. tutup Jupri. S Asih. yang kini sudah dua periode menjabat sebagai kepala Desa Butukan. Kec, Bokat. Kabupaten Buol.

Penulis : Jamaludin Butudoka
Editor : Moh reza

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here