PALU, jarrakpossulteng.com – (31/3/2022) Hari pertama masuk Kantor Hj. Rosmini A Batalipu, yang baru dua hari di Lantik dan di ambil sumpahnya oleh Ketua DPRD Propinsi Sulawesi Tengah. Dr.Hj. Nilam Sari, SP, MP, lansung menerima tamu sejumlah Kepala Desa dari Kabupaten Buol di ruang kerjanya.

Sejumlah Kepala Desa itu, merupakan tamu pertama yang diterima oleh Hj. Rosmini A Batalipu setelah dirinya dilantik dua hari yang lalu menjadi anggota Legislatif (Anleg) Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2022-2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Buol- Tolitoli. Dan bahkan mendapat ucapan dari Ketum PKB Muhaimin Iskanda, Menteri Transmigrasi dan Tenaga Kerja, serta Mentri Pembangunan Desa Tertinggal.

Banyak hal serta harapan yang disampaikan oleh beberapa Kepala Desa dari kabupaten Buol, diantaranya soal anggaran APBD lewat dana aspirasi atau dana pokir, untuk dua kabupaten yakni Tolitoli dan Buol, dari sekitar 24 milyar yang di anggarkan setiap tahunnya.

Kabupaten Buol hanya mendapatkan kurang lebih 4 milyar,dan ini sangat minim, inikan tidak adil, mestinya anggaran itu ada perimbangan sedikit. Inilah hal yang sangat diharapkan oleh beberapa kepala desa, diantaranya kepala desa Bokat, diruang kerja Hj. Rosmini A Batalipu Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa(FPKB) DPRD Sulteng. Kami sangat bersyukur dan berharap Ibu Ros panggilan akrab Rosmini sudah dilantik, agar sesegera mungkin bekerja dan menyahuti aspirasi masyarakat kabupaten Buol ujar salah seorang kepala desa Bokat.

Baca Juga :  Kaops Madagoraya Melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 H Bersama Masyarakat Di Poskotis Tokorondo Poso

Salah satu contoh tahun anggaran 2022 kabupaten Buol untuk infrastruktur jalan yang di danai APBD I hanya mendapat 1,8 Km, selebihnya semua di arahkan ke daerah Tolitoli, keluh kades Bokat kepada media online Jarrakpos belum lama ini, Kami berharap kepada Ibu Rosmini A Batalipu setelah duduk menjadi wakil rakyat, secepatnya turun kelapangan untuk menyerap aspirasi, khususnya masyarakat kabupaten Buol yang diwakilinya.

Sementara itu, Hj. Rosmini A Batalipu, Anggota Legislatif (Anleg) yang baru dilantik seusai menerima beberapa Kepala Desa dari Kabupaten Buol, kepada Media Online Jarrakpos mengatakan, saya akan bekerja keras untuk menyahuti berbagai keluhan dan aspirasi masyarakat di dapil yang saya wakili, lebih khusus lagi masyarakat kabupaten Buol. Insya Allah saya besok akan turun ke kabupaten Buol dengan agenda monitoring realisasi anggaran tahun 2021, dari Dinas Pertanian provinsi Sulawesi Tengah.

Sejauh mana kegiatan ini dapat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Buol dan Tolitoli, sesuai amanah yang saya emban, yakni, Fungsi Pembentukan Perda, mampu menyerap dan menterjemahkan ya dan menindak lanjuti aspirasi dan kebutuhan masyarakat, kemudian Fungsi anggaran, harus mampu menganalisis, memprediksi, menggali sumber-sumber pendapatan dan memperhatikan alokasi belanja daerah dalam APBD untuk kepentingan rakyat dan yang terakhir, adalah fungsi pengawasan, transparansi dan akuntabilitas, urai Rosmini mengakhiri keterangannya.

Penulis : miro
Editor : Moh Reza

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here