PALU, jarrakpossulteng.com – Tanggal 29 Maret 2022 sekitar pukul 16:00 bertempat di ruang sidang utama kantor DPRD Propinsi Sulawesi Tengah, Rosmini A Batalipu resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Dr.Hj. Nilam Sari Lawira, SP, MP, sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sisa masa jabatan 2022-2024, yang tinggal Drs.H.Zainal M Daud karena telah wafat di penghujung tahun 2021, karena sakit.

Pada acara pelantikan Hj. Rosmini A Batalipu, yang merupakan pemilik suara terbanyak ke 2 setelah Almr.Drs. Zainal M Daud, berjalan sangat hikmat tersebut, juga dihadiri oleh dr.Agris A Batalipu, putra kedua dari bapak Amran Batalipu, selaku Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Buol, yang tak lain adalah ponakan dari Hj. Rosmini A Batalipu.

Agris sapaan akrab anak muda yang berprofesi sebagai dokter, usai pelantikan mengatakan, setelah dilantiknya Ibu Ros sapaan akrab Rosmini A Batalipu, menjadi harapan besar masyarakat Kabupaten Buol, dalam menyahuti berbagai aspirasi dan keinginan serta harapan rakyat yang nyata terhadap kemajuan daerah kabupaten Buol kedepan.

“Saya sangat yakin disisa jabatan yang kurang lebih 2 tahun lagi, Ibu Rosmini A Batalipu yang mewakili Dapil Buol-Tolitoli, mampu dan bisa bekerja maksimal demi kemajuan daerah yang diwakilinya, lebih khusus lagi kabupaten Buol”, ujar Agris.

“Keyakinan saya bisa dibuktikan, sebab Ibu Rosmini A Batalipu pernah menjadi Anggota Legislatif (Anleg) kabupaten Buol satu periode, banyak torehan yang dihasilkan pada, terutama pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat kabupaten masa itu”, ungkap dokter muda yang masih lajang.

Olehnya itu kata Agris, khususnya masyarakat kabupaten Buol mari kita bersinerjik untuk memajukan Kabupaten Buol, banyak pontensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Buol, hanya sayangnya belum terkelolah secara maksimal, kita punya potensi tambang, kita punya destinasi pariwisata yang begitu banyak, potensi perikanan, pertanian dan hasil hutan, kesemuanya ini jangan kita biarkan begitu saja, perlu pengelolaan secara maksimal dan profesional demi kesejahteraan masyarakat kabupaten Buol, pengelolaan sumber daya alam (SDA), harus pula dibarengi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang maksimal, jelas Agris yang punya Visi Misi kedepan untuk membangun kabupaten Buol.

Baca Juga :  PB IKIB Buol Gelar Halal Bihalal

Untuk itu kata Agris selamat buat Ibu Rosmini A Batalipu, menjadi Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Tengah Pengganti Antar Waktu, sisa jabatan 2022-2024, semoga amanah tutup Agris.

Sementara itu Ketua DPRD Sulawesi Tengah, Dr.Hj.Nilam Sari Lawira, SP, MP, dalam sambutannya berpesan, setelah resmi menjadi Anggota DPRD Sulawesi Tengah, Hj.Rosmini A Batalipu, perlu saya sampaikan bahwa tanggung sudari amatlah besar untuk kepentingan masyarakat, sebagai Anggota DPRD ada 3 fungsi pokok yang perlu diketahui dalam mengemban amanah, yakni, pertama, fungsi pembentukan peraturan daerah, sebagai anggota DPRD mampu menyerap dan menterjemahkan serta menindak lanjuti aspirasi dan kebutuhan masyarakat kedalam kebijakan publik berupa Peraturan Daerah atau Perda.

Yang kedua, fungsi anggaran, sebagai anggota DPRD, diharapkan mampu menganalisis, memprediksi serta menggali potensi sumber-sumber pendapatan demi mendukung pembiayaan pelaksanaan urusan pemerintahan dan secara sungguh-sungguh memperhatikan alokasi belanja daerah dalam APBD untuk kepentingan rakyat, dan yang ketiga, Fungsi pengawasan, kita harus mampu memahami dan melakukan pengawasan dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah agar dapat berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta mengawasi lebih cermat segala bentuk kebijakan yang telah disepakati bersama dengan kepala daerah demi kepentingan rakyat, jelas ketua DPRD Hj. Nilam Sari dalam pesannya.

Pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah hadir pula Gubernur Sulawesi Tengah H.Rusdi Mastura dan para Forkopimda, serta staf Ahli Dr. Rohani Mastura.

Penulis : miro
Editor : Moh Reza

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here