Parimo.Jarrakpossulteng.com. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) kabupaten Parigi Moutong Abdul Aziz Tombolotutu menerangkan, bahwa pihaknya mengakui Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) menurun, sebab di Parigi Moutong hanya ada satu SPAM yang optimal di kelola oleh pihaknya.

“Perlu diketahui, bahwa PAD untuk SPAM menurun, karena di Parigi Moutong hanya ada satu SPAM yang kami kelola selama ini yakni SPAM Parigi, apalagi target PAD untuk SPAM tahun ini sebesar Rp.750 juta.”terang Abdul Aziz Tombolotutu selaku Kadis PUPRP Parimo baru baru ini di Parigi.

Lanjut dia, bahwa kondisi SPAM Parigi tersebut masih banyak konsumen yang menunggak pembayarannya. Namun, pengelola sebelumnya memberikan kebijakan kepada konsumen.

Yang mana kebijakan yang diberikan pengelola sebelumnya yakni tunggakan iuran tidak harus dibayarkan untuk sementara, akan tetapi iuran yang sudah berjalan saat ini itu menjadi tanggung jawab konsumen dan wajib harus di bayar, apalagi di masa Pandemi COVID-19 ini banyak konsumen beralasan kosulitan ekonomi.

“Apalagi saya sebagai Kadis PUPRP Parimo ini masih baru, jadi target PAD sudah di tetapkan sebelum saya di Dinas PUPRP itu. Hanya saja saya pernah menyarankan untuk dilakukan pemutihan, sebab dengan kondisi di masa Pandemi COVID-19 ini mana bisa konsumen membayar tunggakan mereka itu. Tapi yang sudah berjalan saat ini konsumen harus tetap membayar.”tuturnya.

Dia juga mengatakan, bahwa Progres realisasi PAD saat ini sudah mencapai Rp.150 juta. Sehingga pihaknya berencana akan melakukan pengembangan SPAM di Tinombo, Moutong dan Kasimbar.

Agar konsumen lancar membayar iuran setiap bulan, pihaknya terlebih dahulu melakukan perbaikan jaringan SPAM itu, sehingga tidak ada konsumen yang komplain.

“Dan perlu diketahui, bahwa perbaikan jaringan SPAM itu merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi dan kabupaten. Jadi, yang fokus perbaikan itu hanya pada jaringan dan itu menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan kabupaten. Insyaallah tahun 2021 ini perbaikan jaringan sudah selesai, dengan selesainya perbaikan jaringan tersebut dapat meningkatkan PAD, karena ada tiga SPAM pengembangan tahun ini.

Ia menambahkan, pihaknya optimis, setelah kondisi perbaikan jaringan SPAM kembali seperti semula, maka PAD dari SPAM tersebut akan kembali meningkat seperti tahun sebelumnya. (Fkr)

Sumber berita : fokus rakyat net.
Laporan : erlangga
Editor : kurnia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here