Terkait Cuitanya di Twitter Emerson Yuntho Dilaporkan Kepolisi Kini Berusaha Minta Maaf ke Setya Novanto dan Keluarganya

2 min read

Jarrakpossulawesi.com| Emerson Yuntho mantan aktivis ICW meminta maaf atas unggahan di twitternya yang mempertanyakan keberadaan Novanto di Lapas Sukamiskin.

Kuasa Hukum Setya Novanto atas nama Taufik Akbar Kadir. SH melaporkan mantan peneliti Indonesia Corruption Watch atau ICW Emerson Yuntho ke Ditreskrimsus Polda Jawa Barat pada tanggal 27 Desember 2019 dengan Laporan polisi Nomor :LPB / 1337 / XII / 2019 / Dit Reskrimsus Polda Jawa Barat.
Emerson dilaporkan dengan tuduhan pencemaran nama baik Setya Novanto di media
sosial.

Emerson dinilai melanggar Undang-Undang ITE yaitu Dugaan Tindak pidana dengan sengaja atau tanpa hak dan/atau membuat dan dapat
diaksesnya informasi elektronik dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dan
dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki
muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud
dalam pasal 45 ayat (3) Jo pasal 27 ayat (3) UU RI No. 19 Tahun 2016 .

Emerson memang aktivis antikorupsi yang rajin mencuit di Twitter kena batunya. Pada Desember 2019, sebelum Setya Novanto melalui kuasa hukumnya melapor ke polisi, dia meluncurkan sejumlah cuitan mengenai Setya Novanto. Materi cuitan Emerson antara lain mengenai Setya Novanto ijin berobat untuk keluar penjara yang muncul pada 22 s/d 27 Desember 2019.
Pada 22 Desember 2019, akun@emerson_yuntho milik Emerson membuat cuitan tentang setya Novanto seperti pengumuman orang hilang.
“Netizen. Butuh bantuannya telah hilang Bapak @sn_setyanovanto Hingga kemarin belum kembali ke tempat tinggalnya di Sukamiskin Bandung. Kulit putih.Usia 62 tahun. Ada hadiah bagi siapapun yang memberikan informasi.
Cc@Kemenkumham_RI@OmbudsmanRI137″cuit akun @emerson_yuntho.

Pada 12 April 2020, Emerson kemudian menjelaskan panjang lebar soal asal muasal cuitannya. Dia mempertanyakan hal itu karena muncul isu tentang Setya Novanto yang diberitakan di berbagai media, dan Menkumham menjelaskan bahwa Setya Novanto berada dilapas Sukamiskin, hal tersebut dikuatkan oleh pernyataan kalapas Sukamiskin.

Emerson juga menyampaikan permintaan maaf kepada keluarga dan pak Setya Novanto dan ia berharap di maafkan olehnya dan keluarga nya karena sudah menyinggung nama baiknya sehingga menimbulkan dampak keberatan dan ketersinggungan.

“Melalui Tweet ini saya menyatakan Permintaan Maaf kepada Bapak Setya Novanto @sn_setyanovanto maupun keluarga jika postingan saya tersebut telah menimbulkan keberatan dan ketersinggungan,” tulisannya di-Tweet.

Wartawan: LLe Effendi | Editor: Erwin

Sumber: Foto kumparan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *