Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Pemdes Pokobo Gelar Lomba Kebersihan Antar Dusun

2 min read

Foto : Kepala Desa Hamengkubuono Samad D. Kadir (Doc. JarrakposSulteng)

Buol, JarrakposSulteng.Com — Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, Pemerintah Desa Pokobo, Kecamatan Bunobogu, Kabupeten Buol, Sulteng, akan menggelar lomba kebersihan antar dusun pada hari kamis, (20/08/2020) mendatang.

Kepala Desa Hamengkubuono Samad D. Kadir, kepada JarrakposSulteng.com, Senin (17/08/2020), mengatakan, tujuan lomba selain menyambut hari kemerdekaan RI, untuk membiasakan masyarakat menerapkan pola hidup bersih, bisa menata lingkungan dengan rapi, dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Tujuan dilakukan lomba kebersihan antar dusun ini selain menyambut HUT RI ke 75, juga membiasakan masyarakat Desa Pokobo menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” katanya.

Ia menerangkan, adapun lomba dalam memeriahkan HUT RI tahun ini di tiga Dusun Desa Pokobo, Kecamatan Bunobogu diantaranya, lomba kebersihan lingkungan, pengecetan pagar, dan keindahan gapura (pintu gerbang) dimasing-masing depan rumah warga.

“Adapun jenis kegiatan lombah diantaranya, kebersihan lingkungan, pengecetan pagar, dan pemasangan gapura (pintu gerbang) didepan rumah warga. tiem yang akan menilai diantaranya, dari BPD, LPM, Perangkat Desa, toko masyarakat, Ketua PKK, dan diketuai oleh kepala Desa, dengan menerapkan protocol kesehatan Covid-19, jaga jarak dan memekai masker,”terang Buono nama sapaanya.

Foto : Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, Pemerintah Desa Pokobo, Kecamatan Bunobogu, Kabupeten Buol, Sulteng, akan menggelar lomba kebersihan antar dusun pada hari kamis, (20/08/2020) mendatang. (Doc. JarrakposSulteng)

Lanjut Buono, bagi pemenang lomba akan di beri reword atau hadia dari Kepala Desa secara pribadi dalam bentuk uang dan jumlahnya belum ditentukan.

“Yang pasti ada reword dari pemerintah Desa, tapi belum dipastikan berapa jumlahnya dalam bentuk uang diberikan kepada masing-masing pemenang 1, 2 dan 3. Itu reword pribadi dari kepala desa,” bebernya.

Orang nomor Satu di Desa Pokobo itu berharap, kedepannya kebersihan dan keindahan Desa khususnya disetiap Dusun, terus dijaga bukan hanya disaat momen HUT Kemerdekaan 17 Agustu 1945.

“Ini kan saya mau uji kebersamaanya orang Pokobo ternyata masi kuat, jadi saya berharap semoga selamanya seperti ini bukan hanya dimomen HUT Kemerdekaan 17 Agustus,”tandasnya.

Kades Pokobo menambahkan, dalam pelaksanaan lombah kebersihan menyambut HUT Kemerdekaan ke-75 di Desa Pokobo ini, banyak kendala-kendala didapatkan. namun setelah dilakukan penedekatan-pendekatan, akhirnya masyarakat menerima dan mau melakukan kegiatan tersebut.

“Yang pasti banyak kendala, namun sebesar apapun kendala yang saya dapatkan Alhamdulillah bisa diantisipasi dengan cara pendekatan-pendekatan secara persuasive pada warga, dan Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” tutup Buono.

 

Wartawan : Firman Taid

Editor : lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *