PJ. SEKDA TOLITOLI PIMPIN APEL KONSOLIDASI POLRI YANG DIGELAR OLEH POLRES TOLITOLI

2 min read

(Doc. JarrakposSulteng)

Toli-toli, JarrakposSulteng.Com — Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos bertindak selaku Inspektur Upacara pada Apel Konsolidasi Polri dalam rangka antisipasi bencana alam yang digelar di halaman Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Tolitoli jumat pagi (6/11).

Apel konsolidasi itu, dilaksanakan oleh Polri secara serentak di seluruh wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah sesuai telegram Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Kapolda Sulteng) tertanggal 4 November 2020.

Kapolda Sulteng dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Pj. Sekda mengatakan, dalam menghadapi kerawanan dan potensi bencana yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam diperlukan kesiapsiagaan dari Pemerintah dan unsur terkait dan seluruh warga masyarakat.

Apel konsolidasi ini kata Kapolda dilaksanakan dalam rangka penanggulangan bencana tahun 2020 sekaligus untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya bencana di wilayah Sulawesi Tengah.

Sesuai informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait datangnya badai La-Nina di akhir tahun 2020 ini diprediksi akan terjadi intensitas curah hujan yang tinggi dan angin kencang yang berdampak pada tingginya gelombang laut, bencana banjir, cuaca ekstrem dan tanah longsor yang memerlukan kewaspadaan dari kita semua.

(Doc. JarrakposSulteng)

Oleh sebab itu Kapolda mengharapkan kepada seluruh peserta apel agar selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai, wilayah pantai dan di wilayah perbukitan untuk selalu waspada dan siaga serta sudah membuat perencanaan awal di dalam melakukan evakuasi mandiri untuk menghindari korban jiwa maupun harta benda.

Kapolda juga berpesan agar segera mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang siap dioperasikan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan serta melaksanakan tugas kemanusiaan ini dengan penuh integritas, tulus, ikhlas dan loyalitas serta bertanggung jawab.

Apel konsolidasi itu turut dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN dan BUMD serta undangan lainnya.

Sementara peserta apel terdiri dari pasukan Polres, Satuan Brimob, pasukan Pangkalan TNI Angkatan Laut, Pasukan Kodim 1305 Buol Tolitoli, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran serta Anggota Pramuka. Sebelum apel, Pj. Sekda Moh. Asrul Bantilan, S.Sos melakukan pemeriksaan pasukan.

 

 

Reporter : AMALIA SYAHRULLAH
Editor : lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *