TOLI-TOLI, jarrakpossulteng.com – Forum Advokasi Komitmen Pemerintah Daerah dan lintas sektor Program Gerakan Keamanan Pangan Desa (PGKPD), Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dan Pasar di Kabupaten Tolitoli dibuka secara resmi Bupati Tolitoli Amran Hi.Yahya, Kamis 17/03/2022, bertempat di aula Lantai 1 Hotel Mitra Utama Tolitoli.

Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah dan lintas sektor untuk berperan aktif mengawal program nasional gerakan keamanan pangan desa, pasar pangan aman dari bahan berbahaya dan pangan jajanan aman di sekolah yang berbasis komunitas untuk menjamin terwujudnya penyelenggaraan keamanan pangan di setiap mata rantai pangan secara terpadu khususnya di wilayah Kabupaten Tolitoli.

Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah wajib membina dan mengawasi pelaksanaan penerapan standar, prosedur, dan kriteria keamanan pangan. untuk itu diperlukan koordinasi untuk mengambil langkah – langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan peningkatan efektivitas dan penguatan pengawasan obat dan makanan sesuai ketentuan perundangan undangan. Sebagai wujud kesiapan kita bersama berkomitmen mewujudkan gerakan keamanan pangan desa sekolah serta program pasar pangan aman berbasis komunitas.

Melalui program ini diharapkan dapat menyentuh masyarakat Kabupaten Toli-toli terkait pemberian informasi olahan pangan yang sehat dan adanya peningkatan jejaring di tingkat desa terkait keamanan pangan, bekerjasama dengan dinas terkait untuk terus bersinergi dalam pengawasan dan edukasi keamanan pangan demi terwujudnya ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang aman, sehat, bermutu dan bergizi seimbang untuk masyarakat dalam mempersiapkan dan menuju masyarakat Kabupaten Tolitoli yang lebih sehat, bahagia dan sejahtera.

Baca Juga :  RAT KPRI Karya Dharma Toli-Toli Berhasil Memilih Pengurus Dan BP Yang Baru

Sementara itu kepala BPOM Palu, Agus Riyanto,S.Farm,A.Pt dalam sambutannya mengatakan ada 3 program prioritas nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui Badan POM untuk mewujudkan pemenuhan pangan aman bagi masyarakat.

Yang pertama adalah program Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) adalah salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan pangan di tengah masyarakat dengan melaksanakan program gerakan keamanan pangan desa (GKPD) yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan sehingga mampu mengawasi keamanan pangan secara mandiri.

Yang kedua adalah program Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS), program ini memiliki kontribusi nyata bagi terciptanya sekolah sehat. Diharapkan dengan adanya sekolah sehat, siswa sebagai peserta didik akan sehat, dengan begitu akan menunjang keberhasilan peserta didik. Keberhasilan ini akan mendukung kemajuan daerah di masa yang akan datang. Ketiga adalah program PPABK Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas program nasional dilakukan agar keberadaan pangan di pasar tetap terjamin aman untuk dikonsumsi.

Dalam acara tersebut Bupati Tolitoli menandatangani Komitmen bersama dengan Kepala Badan POM, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk mendukung program prioritas nasional keamanan pangan. Acara ini dihadiri sejumlah kepala perangkat Daerah, para camat, kepala sekolah dan para guru, para kepala desa serta aparat desa.

Reporter : Sarni Hasan
Editor : Moh Reza

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here