Pengembangan Daerah “Kabupaten Tolitoli Dan Kabupaten Buol” Dibahas Bersama Dalam Forum Rapat Koordinasi

2 min read

Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Daerah Kabupaten Tolitoli Dan Kabupaten Buol Yang Diselenggarakan Oleh Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah Di Ballroom Pulau Lingayan Hotel Mitra Utama Tolitoli, Dibuka Oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding Pada Rabu Pagi (6/11). Kegiatan Rakor Tersebut Mengangkat Tema “Sinergitas Program Kegiatan Lintas Organisasi Perangkat Daerah (Opd) Kabupaten Tolitoli Dan Kabupaten Buol Dalam Pengembangan Daerah.

Rahmawati S.Sos Map Selaku Panitia Pelaksana Kegiatan Melaporkan Bahwa Peserta Rakor Terdiri Dari Kepala Opd Terkait Dari Kabupaten Tolitoli Dan Kabupaten Buol, Serta Para Camat Se-Kabupaten Tolitoli Dan Buol. Sedangkan Narasumber Terdiri Dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tolitoli, Kepala Bappeda Dan Penanaman Modal Kabupaten Buol, Akademisi Universitas Tadulakol Palu Dr Suparman, Se.,Msi Dan Muzakkir, Se.,Msi Serta Konsultan Pendamping Desa Wilayah Sulawesi Tengah, Ir. Abadi Tadorante.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah, Dea Senilai Firdaus, M.Tp,  Dalam Sambutannya Menyampaikan Bahwa Ada Beberapa Isu Strategis Yang Menjadi Prioritas Penanganan Pembinaan Dan Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Yang Terdapat Di Provinsi Sulawesi Tengah Yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Pengurangan Kemiskinan Dan Peningkatan Pelayanan Dasar; Pengurangan Kesenjangan Antar Wilayah; Pemantapan Ketahanan Energi, Pangan, Dan Sumber Daya Air; Stabilitas Keamanan; Pariwisata, Adaptasi Dan Motivasi Bencana; Pembinaan Terhadap Daerah Tertinggal Yang Telah Terentaskan; Pengembangan Kawasan Pedesaan Dan Transmigrasi; Dan Meningkatkan Koordinasi Dan Peran Serta Lintas Sektor.

Selanjutnya Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding Dalam Sambutannya Menyampaikan Bahwa Rapat Koordinasi Yang Diselenggarakan Kali Ini Merupakan Wadah Untuk Menyelaraskan Antara Target-Target Nasional Dan Target-Target Daerah, Sebab Harus Disadari Bahwa Target Nasional Hanya Bisa Dicapai Melalui Kontribusi Daerah. Sebaliknya Target-Target Daerah Tentulah Tidak Dapat Dicapai Oleh Daerah Sendiri Tanpa Adanya Intervensi Pusat Melalui Kementerian Atau Lembaga Terkait.

Wakil Bupati Juga Menekankan Khususnya Kepada Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Tolitoli Bahwa Dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Yang Lebih Berkualitas Dan Mendorong Percepatan Target Nasional Dan Daerah Seiring Dengan Prioritas Daerah, Yakni Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik; Lakukan Percepatan Dan Penguatan Pembangunan Infrastruktur Yang Mampu Memberikan Daya Ungkit Terhadap Sektor-Sektor Unggulan Di Daerah; Dan Koordinasi Antar Pemangku Kepentingan Baik Pusat, Provinsi Maupun Kabupaten Harus Terus Ditingkatkan.

www.jarrakpossulawesi.com/botski

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *