MANTAN GUBERNUR SULTRA IKUT BAKTI SOSIAL DONOR DARAH MENYAMBUT PASKAH 2020 KERJA SAMA GUGUS DARMA PRAMUKA WBP. SUKA MISKIN GEREJA EBEN HAEZER DAN PMI KOTA BANDUNG

2 min read

Jarraksulawesi.com, Bandung | Kegiatan bakti sosial ini terlaksana berkat kerjasama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung dan , GUGUS DEPAN PRAMUKA WB. SUKA MISKIN GEREJA EBEN HAEZER, acara yang dimulai pukul 08.00 Wib tersebut berakhir pukul 11.00 Wib di ikuti oleh pegawai dan para Warga Pemasyarakatan Lapas Kelas I Suka Miskin.

Foto dok. jarraksulwesi.com

RANGKAIAN KEGIATAN SBB. :
1. Donor Darah, Selasa, 10/3/’20 adalah merupakan bakti sosial yang ke X. Yang di lakukan setiap 3 bulan.
2. Bakti sosial donor darah hari ini Selasa, dari pendaftar 126 orang yang terdiri dari Warga Pemasyarakatan dan juga dari Pejabat dan Pegawai LAPAS SUKA. Yang memenuhi syarat boleh ikut donor darah adalah 120 orang.
3. Khusus bagi Warga Pemasyarakatan donor darah yang dilakukan, selain bermanfaat untuk kesehatan, dan ibadah menolong sesama yang membutuhkan darah, karena sakit atau kecelakaan, juga yang telah melakukan 4 kali donor darah, mendapatkan remisi. ( pelaksanaan pemberian remisi sesuai ketentuan ).
4. Kegiatan Bakti Sosial yang di lakukan GD Pramuka WB Lapas Klas I Suka Miskin Bandung ini, berjalan selain atas kerja sama dengan Gereja dan PMI, yang paling penting adalah Pembinaan dan ijin pelaksanaan dari Pimpinan Lapas.
5. Manfaat dari donor darah yang lebih besar adalah :
1). Sirkulasi darah menjadi teratur ( darah yang berumur sudah tua, diganti dengan darah yang baru ).
2). Kesehatan terpantau ( tekanan darah, kadar haemoglobin, dan kadar hemotokrit ).
3). Diperiksa 4 parameter penyakit menular, lewat transfusi darah (Hepatitis B, Hepatitis C, HIV dan Sifilis).
4). Merupakan ibadah kepada sesama.
5). Ada kepuasan bathin bisa menolong sesama.

Foto dok. Jarraksulawesi.com

Dalam kegiatan ini diikuti oleh Kalapas, Staff, dan Warga Pemasyarakatan. Kegiatan Donor Darah ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan Lapas Kelas I Suka Miskin Setiap tahunya.

Nur Alam Mengatakan “Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial Lapas Kelas I Suka Miskin kepada sesama” Ujarnya. Disambungnya dia menimpali Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan. Kegiatan ini rutin kita laksanakan bekerjasama dengan PMI per tiga bulan sekali Donor darah, tuturnya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Lapas Kelas I Suka Miskin ini setidaknya lebih dari 120 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari Pegawai dan Warga Pemasyarakatan.

“Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat”.

Demikian, tutur Nur Alam, sebagai Peserta Pendonor darah diLapas Klas I Suka Miskin Bandung. Selasa, 10 Maret 2020.

Editor: Effendi | GR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *