LAKI Desak Kajari Buol Segera Usut Tuntas Dugaan Korupsi Kepala Desa Baturata

2 min read

Buol. Jarrakpossulteng. com- 4/12/2020-lembaga Anti korupsi mendesak kajari buol untuk segera mengusut tuntas dugaan korupsi kepala desa baturata dan bondaharanya terkait pelaksanaan pembuatan Rabat beton (jalan limbat) pada tahun 2016.

Adanya pelaksanaan kegiatan yang tidak tercantum dalam pembelanjaan dana desa (pelurusan sungai),sehingga menghambat pekerjaan jalan kantong produksi yang sudah di anggarkan dana desa dan proyek tersebut tidak bisah digukan masyarakat.baturata ecamatan paleleh kabupaten buol sulawesi tengah.

Kami mendesak kejaksaan buol agar bergerak cepat
Usut tuntas laporan masyarakat proyek pembuatan Rabat beton dan jalan kantong produksi 2016-2017 yang menelan anggaran ratusan juta rupiah tahun Aggaran 2016.dimana proyek tersebut belum bisah digunakan masyarakat sampai saat ini.

Direktur Eksekutif lembaga Anti korupsi Amir SH mengatakan,hingga saat ini kajari buol belum turun melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana penyelewengan dana desa 2016-2017 secara berjamaah,kami minta kajari buol bergerak cepat agar terwujud kepastian hukum.

Berdasarakan laporan sejumlah masyarakat dan LSM,bahwa kades dan ketua BPD desa baturata telah merugikan uang negara lebi dari seratus jutah rupiah,kami minta kepada penegak hukum, agar serius menagani kasus tersebut kerena dinegri ini tidak ada yang kebal hukum,tuturnya.

Laki, mendorong terbentuknya tata kelola pemerintahan yang baik,transparan dan profesional dengan berorentasi pada pelaksanaan program pembangunan,pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang sesuai amanat peraturan perundang undangan dengan merujuk: UDD no 8 tahun 1981 kitab undang undang hukum acara pidana

Adanya fakta dan informasi yang berkembang ditengah masyarakat desa baturata kecamatan paleleh kabupaten buol provinsi sulawesi tengah kami atas nama LSM dalam hal ini melayangkan pengaduan tentang adanya indikasi peyelewengan keuagan desa tahun anggaran 2016 sampai dengan tahun anggaran 2017 diduga kuat dilakukan secara bersama-sama oleh kepala desa baturata desa,sekertaris desa dan bendahara desa.

Lsm mengatahui bahwa didesa baturata teridikasi banyak penyelewengan terhadap keuangan desa dengan cara mar,af anggaran blanja tidak sesuai ARB dan petunjuk juknis hkusunya tahun anggaran 2016 sampai 2017 adapun penyelewengan keuangan desa sebagaimna yang dimaksud.

Terindikasi dari adanya penyampaian laporan keuangan desa diduga kuat tidak sesuai dengan realisasi yang nyata dilihat,didenagar,dan dialami,sendiri oleh msyarakat dilapangan hal ini didukung oleh adanya fakta dan informasi serta kondisi lapangan.

Dari hasil penulusuran tiem media gruop kepada sejulah tokoh mayarakat yang melapor dan melayangkan surat ke Aparat penegak hikum KPK,kejaksaan tinggi negri buol terdiri dari lima orang tokoh masyarakat baturata,baharudin Rauf,sapri HI salam,Hanza laginta,ibrahim suleman,ronal usman,kelimah tokoh itu mendesak kejaksaan tinggi negri buol agar segera mengusut tuntas dugaan korupsi di desa itu.

Semantra dari hasil konfirmasi dengan kepala desa baturata terkait dengan laporan warganya,pihaknya sudah diperiksa oleh kejaksaan cabang kecamatan paleleh pada tahun 2017 dan tidak masalah dari hasil pemeriksaan penyidik kejaksaan,tuturnya.

Laporan : Tiem
Sumber : Jarrak News
Editor : Kurnia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *