Buol,jarrakpossulteng.com – Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo, S.I.K. pimpin langsung pengamanan Aksi Unras yang digelar oleh Aliansi Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Bumi Pogogul (Germa Pogogul) dikantor DPRD Buol, Senin (11/04/22).

Sebelumnya pada saat apel pengecekan kesiapan pengamanan, Kapolres menekankan kepada seluruh personel untuk mengedepankan pendekatan humanis serta berikan pengawalan terhadap para peserta aksi.

Aksi unras yang dilaksanakan serentak dibeberapa wilayah termasuk diwilayah Kabupaten Buol dari Germa Pogogul dengan sasaran aksi dikantor DPRD Buol menyampaikan aspirasi diantaranya tuntutan mendesak DPRD Buol menolak kenaikan harga BBM, harga pangan serta menolak kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN).

Pada saat apel pengecekan ini pula Kapolres memerintahkan dalam pengamanan aksi unras tidak membawa ataupun menggunakan senjata api, senjata api yang dimiliki untuk dititipkan ke gudang logistik.

“Aksi unras hari ini akan dilaksanakan dengan sasaran kantor DPRD Buol untuk itu laksanakan pengamanan dengan sebaik-baiknya, kedepankan pendekatan humanis,” ucap Kapolres saat memberikan arahan.

“Tahapan-tahapan pengamanan dilakukan secara baik dan benar setiap perkembangan dilapangan dilakukan sesuai dengan tahapan yang ada apabila eskalasi berubah, jangan mudah terprovokasi serta jangan memprovokasi yang akan membuat terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, tetap semangat serta pedomani SOP yang ada” tambah Kapolres.

Peserta aksi mendesak untuk bertemu dan melaksanakan RDP (rapat dengar pendapat) dengan anggota DPRD namun saat ini anggota DPRD Kab.Buol tidak berada ditempat sehingga disambut oleh Sekwan DPRD Dra. Iklasiani yang menyampaikan akan mengkomunikasikan dengan anggota DPRD.

Namun dari Aliansi pemuda dan mahasiswa menginginkan jadwal yang pasti sehingga menyatakan sikap untuk menduduki kantor DPRD Buol.

Sekitar pukul 17.30 WITA perwakilan anggota DPRD Bahri Asiki bertemu dengan Aliansi masa dan bersepakat akan menggelar RDP pada besok hari selasa (12/04/22) dikantor DPRD Buol.

“Alhamdulillah penyampaian aspirasi dari masa aksi berlangsung kondusif, kami tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan pengamanan dengan mengedepankan pendekatan humanis, besok hari akan dilanjutkan dengan RDP bersama DPRD Buol kami akan terus berikan pengawalan serta pengamanan” terang Kapolres.

“Kami menghimbau kepada peserta aksi serta seluruh masyarakat Kabupaten Buol untuk bersama sama menjaga dan memelihara Kamtibmas yang kondusif ini, sampaikan aspirasi dengan tetap mempedomani aturan yang ada” pesan Kapolres.

 

Laporan : Erlangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here