Direktur Lsm Jarrak Mendukung Menkumham Pilih Dirjenpas Dari Jendral Polisi

2 min read

Jakarta, Jarrakpossulawesi.com | Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly memastikan, jabatan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) akan diemban oleh Irjen Polisi Reinhard Silitonga.
Diamana menurutnya Yasonna, Irjen Reinhard Silitonga sangat cocok menjabat posisi Dirjen Pas.
“Karena Beliau itu adalah seorang anggota bayangkara yang mana sudah dua kali (menjabat) sebagai Direktur Narkoba, satu kali di Sumut dan Jateng,” ungkap Yasonna.
Menkumham Yasonna tak sembarangan dalam memilih seseorang untuk sebuah jabatan. Yasonna berharap Irjen Reinhard Silitonga mampu menjadikan Ditjen Pas Kemenkumham lebih baik.
“Menjadi direktur narkoba dua kali memudahkan (Reinhard) koordinasi dengan Polri dan BNN. Perlu diketahui, dimana sekarang sudah lebih dari 50 persen penghuni lapas adalah kejahatan narkoba,” kata Yasonna.
Selain itu, keputusan mengangkat jenderal polisi bintang dua ini sudah sejalan dengan tujuan dibentuknya lembaga pemasyarakatan. Menurutnya, Irjen Reinhard Silitonga bisa koordinasi dengan jajaran Ditjen Pas lainnya.
“Kita terus laksanakan (tujuan pembentukan pemasyarakatan) itu. Dia harus koordinasikan dengan para Direktur, Kadivpas, Kalapas untuk terus melaksanakan program itu,” kata Yasonna.
Hal senada juga disampaikan oleh Direktur LSM Jarrak Jhon Kelly nahadin dimana beliau adalah sosok yang sangat tepat untuk menduduki jabatan DitjenPas sebagai pengganti DitjenPas sebelumnya yaitu Ibu Sri Puguh Utami.
Karena sosok Irjen Pol. Reinhard Silitonga merupakan seorang anggota polri yang berintegritas tinggi beliau pernah menjabat sebagai Direktur Narkoba dua kali hal ini sangat cocok dengan kondisi penghuni lapas diseluruh Indonesia merupakan penyandang kasus narkoba.
Dengan Demikian harapan dari Direktur LSM Jarrak Jhon Kelly nahadin dengan diangkat nya Irjenpol Reinhard Silitonga dapat memutuskan peredaran jaringan narkoba di dalam lapas yang mana untuk mewujudkan Indonesia bebas dari narkoba dan perlu diketahui bahwa sebagian besar peredaran narkoba di kendalikan didalam lapas.
Selain itu, Menurut Direktur LSM Jarrak Jhon Kelly Nahadin keputusan mengangkat jenderal polisi bintang dua ini sudah sejalan dengan tujuan dibentuknya lembaga pemasyarakatan. Menurutnya, Irjen Reinhard Silitonga bisa koordinasi dengan jajaran Ditjen Pas lainnya.
Lebih lanjut perlu diketahui, bahwa Menteri Yasonna memutasi Dirjen Pas Sri Puguh Utami dan dipromosikan sebagai Kepala Badiklat Kemenkum HAM.
Yasonna lalu mendapuk Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Nugroho menjadi pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pemasyarakatan (Dirjen Pas), Nugroho.
Nugroho menjadi Plt Dirjen Pas setelah Sri Puguh Budi Utami dimutasi menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Kemenkumham.
“Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi bapak Nugroho kini menjabat Pelaksana Tugas Dirjen PAS,” ujar Kabag Humas Ditjen PAS Rika Aprianti saat serah terima jabatan di Graha Bakti Pemasyarakatan.
Editor : GR
Wartawan: Effendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *