BUPATI MINTA KONI KABUPATEN TOLITOLI TERAPKAN SPORT SCIENCE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PARA ATLIT

3 min read

(Doc. Jarrakpossulteng)

Toli-Toli, JarrakposSulteng.Com — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan Rapat Anggota Tahun 2020 pada Selasa pagi (8/9) di Aula KONI Kabupaten Tolitoli dengan mengusung tema Melalui Rapat KONI Kita Wujudkan Sinergitas Sistem Pembinaan Olahraga Dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Pada Porprov IX – 2022.

Rapat Anggota yang berlangsung sehari itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Tolitoli diwakili Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos.

Ketua Panitia Pelaksana Rapat Ir. Djoko Setyono melaporkan maksud dan tujuan diadakan rapat ini adalah membahas dan memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan rencana program kerja KONI Kabupaten Tolitoli yang diikuti seluruh pengurus KONI Kabupaten Tolitoli serta perwakilan dari 24 cabang olahraga.

Bupati Tolitoli dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Pj. Sekda Moh. Asrul Bantilan, S.Sos mengatakan, harus dipahami bersama bahwa prestasi olahraga tidak datang secara tiba-tiba, melainkan melalui suatu proses yang panjang dengan didukung oleh banyak faktor serta perencanaan dan persiapan yang matang.

Foto : Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan, S.Sos. (Doc. Jarrakpossulteng)

Oleh sebab itu, Bupati meminta kepada segenap insan olahraga, terutama organisasi KONI Kabupaten Tolitoli untuk memberikan perhatian besar dalam meningkatkan prestasi olahraga di daerah ini melalui upaya peningkatan kemampuan sumber daya manusia dari semua unsur, baik pelatih, manajer, atlet maupun staf sekaligus mengoptimalkan ketersediaan sarana dan prasarana olahraga guna meningkatkan prestasi atlet, kinerja pelatih dan manajer.

Bupati mengharapkan kepada KONI Kabupaten Tolitoli untuk menerapkan sport science dalam melakukan pembinaan terhadap seluruh atlit pada setiap cabang olahraga. Sport science yang dimaksud mengandung fisiologi olahraga, gizi olahraga, psikologi olahraga, sport medicine, dan biomekanika olahraga.

Melalui pelatihan berbasis sport science ini, maka hal yang berkaitan dengan fisiologi olahraga setiap pelatih dapat memprediksi prestasi puncak atletnya, memberikan bentuk latihan sesuai dengan fungsi tubuh.

Kemudian yang berkaitan dengan gizi olahraga, pelatih dapat memberikan masukan nutrisi yang harus dikonsumsi oleh atlet binaannya untuk menunjang performa atletnya, selanjutnya hal berkaitan dengan psikologi olahraga, dapat dipahami kondisi mental atlet pada saat latihan dan pertandingan sehingga tahu bagaimana harus bersikap.

Yang juga penting kata Bupati mengenai hal yang berkaitan dengan sport medicine yakni memberikan saran bagaimana seharusnya ketika terjadi cedera pada atlet, dan terakhir berkaitan dengan biomekanika olahraga dengan melakukan koreksi teknik olahraga yang dilakukan oleh atlet jika ditemukan kesalahan dan memberikan saran bagaimana seharusnya melakukan teknik gerakan dalam cabang olahraga yang ditekuni.

(Doc. Jarrakpossulteng)

Bupati mengharapkan agar Rapat Anggota KONI Kabupaten Tolitoli tahun 2020 ini jangan hanya berlalu begitu saja tanpa hasil, sehingga seluruh pengurus dan anggota diharapkan dapat menyampaikan gagasan positif yang dapat diimplementasikan dalam pengembangan olahraga di daerah ini.

Sementara pada kesempatan itu sebelumnya, Ketua Harian KONI Kabupaten Tolitoli Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M. Si mengatakan saat ini tercatat sebanyak 21 cabang olahraga anggota KONI dan telah ada 3 cabang olahraga yang masuk sebagai anggota baru yaitu renang, panahan dan sepatu roda. Hal ini selain menambah khasanah beragamnya kegiatan olahraga juga konsekuensinya bertambahnya alokasi anggaran yang dibutuhkan.

Untuk itu dituntut kerja keras pengurus KONI agar berusaha memperoleh porsi anggaran hibah yang bersumber dari Anaggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tolitoli yang diharapkan cukup untuk mendanai semua kebutuhan cabang olahraga secara maksimal. Selain dari APBD, juga diharapkan adanya dukungan dari sumber-sumber yang tidak mengikat seperti dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di daerah ini serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga agenda kegiatan pembinaan yang telah direncanakan oleh masing-masing cabang olahraga dapat berjalan dengan baik.

Rapat Anggota KONI itu turut dihadiri oleh Ketua Pokja KONI Provinsi Sulawesi Tengah, Dewan Kehormatan KONI Kabupaten Tolitoli dan Dewan Penyantun KONI Kabupaten Tolitoli.

 

Reporter : ASRIATI

Editor      : lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *