Anggaran Terbatas Tangkapan Ilegal Loging “Besar”

2 min read

(Doc. JarrakposSulteng)

Poso, JarrakposSulteng.Com — Selasa, (20/10/2020). Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sintuwu Maroso perpanjangan tangan dari Dinas Kehutanan Prov. Sulawesi Tengah yang wilayah hukum kerjanya dikabupaten Poso bekerja optimal walaupun anggaran operasional pengamanan hutanya kurang lebih Rp. 100 jutaan pada tahun anggaran 2020. Hal tersebut diakui Kepala KPH Sintuwu Maroso Ir. Lukman S, Hut M.Si, IPM kepada jarrakpossulteng Dikota Poso pekan ini.

” Ya. Kami proaktif dalam memberantas dan meminimalisir rauang gerak pelaku Ilegal Loging. Diwilayah KPH Sintuwu Maroso,” Katanya serius.

“Walaupun anggaran pengamanan hutanya terbatas berkisar Rp.100-an namun hasil tanggkapan ilegal logging itu ada hasilnya. Anda boleh-boleh liat dikantor resort dikelurahan Ranononcu,” tuturnya kepada jarrakpossulteng.

Foto : Kepala KPH Sintuwu Maroso Ir. Lukman S, Hut M.Si, IPM (Doc. JarrakposSulteng)

Keseriusan KPH Sintuwu Maroso dalam memberantas illegal logging itu berkat kerja keras 10 orang Polisi Kehutanan (polhut) 5 tenaga pengembangan hutan yang ada di resort-resort, dan Seksi perlindungan KSDAE dan pemberdayaan masyarakat. Yang kepala seksinya Muhammadong A. SP dan secara Otomatis dikomandani Kepala Polhut. Kata Lukman kepala KPH Sintuwu Maroso.

Menjawab jarrakpossulteng, dikatakan Lukman seluruh kekuatan personil yang ada maupun kekuatan anggaran terbatas KPH Sintuwu Maroso tetap rutin setiap Minggu maupun setiap bulan turun gunung Bekerja.

(Doc. JarrakposSulteng)

“Biaya oprasional pengamanan hutan kita tahun ini hampir Rp. 100 juta. Namun kita (personil KPH Sintuwu Maroso) akan bekerja 365 hari. Setiap Minggu dan setiap bulan turun lapangan demi meminimalisir ruang gerak dugaan pelaku Ilegal Loging,” Pungkas Kepala KPH Sintuwu Maroso, Lukman.

Sementara itu, dari hasil penelusuran jarrakpossulteng diwilayah hutan dikecamatan Lage kabupaten Poso penebangan Kayu berbagai jenis bernilai harga jual dipasarkan ke dua industri yang ada dikecamatan Lage. Yakni milik Hans dan Ci. Heiske. Ujar sumber jarrakpossulteng, diDesa Ratoombu kec.lage baru-baru ini.

 

 

Laporan : Biro Poso

Editor : lle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *