Aktivis Tomohon Desak BUMN dan Swasta Peduli Pandemi Wabah Covid-19

2 min read

Jarrakpossulawesi.com | Aktivis Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP) Resort Tomohon dan Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi (L- KPK) Dewan Teritorial Kota Tomohon – Provinsi Sulawesi Utara, meminta dan mendesak bagi seluruh pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta peduli terhadap penanganan percepatan pandemi wabah Coronavirus Disease (Covid-19) di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara.

“Semua ini instruksi dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bahwa seluruh dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) BUMN agar fokus untuk membantu penanganan Covid-19,” ujar Aktivis KBPP Kota Tomohon Harry Runtuwene didampingi Biro Hukum Lembaga Komunitas Pengawas Korupsi L- KPK Dewan Teritorial Provinsi Sulawesi Utara Jack Budiman, SH, Jumat (10/04/2020).

Kata Runtuwene, CSR BUMN tahun ini harus segera dialokasikan untuk penanganan Covid-19 yang penularannya dan penyebaran nya dari hari – kehari terus meningkat.

“Untuk itu pihak BUMN dan Swasta harus lebih fokus pada hal-hal untuk memastikan kesehatan masyarakat terjamin, seperti pengadaan masker, alat pelindung diri (APD), obat, dan lain-lain,” ujar aktivis vokal ini

“Contohnya misal Pertamina Geothermal Energi (PGE), jangan hanya mengeruk keuntungam di Tomohon – Sulut tapi tidak peduli terhadap kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Ucapan yang senada juga dikatakan Jack Budiman, SH bahwa CSR BUMN dan Swasta tak jelas dan transparan ke publik. Akhirnya, hingga saat ini belum dirasakan apa tanggungjawab sosial perusahan berdasarkan UU CSR.

“Dalam situasi seperti saat ini wabah Covid-19 merambah kemana mana, mestinya mereka harus nyatakan kepedulian untuk membantu menangani keterpurukan ekonomi masyarakat dalam berbagai aspek termasuk perlengkapan Alat Pelindung Diri (APK), Masker dan topangam kebutuhan hidup masyarakat, “tutur Budiman yang dikenal Lawyer kawakan Sulut ini.

Sementara itu, dari data yang berhasil dihimpun awak media ini, BUMN dan Swasta yang bergerak dk wilayah Kota Tomohon – Sulawesi Utara yakni mega proyek panas bumi Pertamina Geothermal Energi (PGE), PLN, Bank – Bank, dan pihak Swasta Perusahan besar yang bergerak di bidang jasa kknstruksi/penyedia jasa dan Galian C yaitu PT Dayana Cipta, PT Dinasty, PT Marga dll.

Editor: Effendi | GR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *